ZIARAH MAKAM LELUHUR KAB. PEMALANG KOMPLEK MAKAM SYEH MAULANA MAGHRIBI

 

Dalam rangka kegiatan memperingati Hari jadi kab. Pemalang, setiap tanggal 23 Januari 2018 diadakan kegiatan ke makam leluhur oleh jajaran pemerintahan dan dinas-dinas yang ada di kabupaten pemalang, salah satu makam leluhur yang rutin diziarahi yaitu makam Syeh Maulana Maghribi yang berada di Desa Pesantren, kecamatan Ulujami, Kabupaten Pemalang.
Pada kegiatan ziarah tahun ini di makam Syeh Maulana Maghribi diikuti oleh berbagai kalangan, baik dari jajaran pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan masyarakat sekitar. Pada acara ini Bapak Bupati Pemalang berhalangan hadir karena mengikuti kegiatan serupa yang diadakan di tempat lain dan diwakilkan oleh Drs. H. Slamet Masduki kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Perempuan, serta dihadiri langsung oleh Camat Ulujami Bapak Yanuar Nitbani dan juga Kepala desa dan perangkat desa sekecamatan Ulujami.
Susunan acara dalam kegiatan ziarah tersebut adalah Pembukaan, Sambutan-sambutan, Tahlil dan Do’a. Dalam kegiatan tersebut sambutan diberikan oleh Bapak Drs. H. Slamet Masduki yang mewakili Bapak Bupati. Dalam sambutan Bapak Bupati yang dibacakan oleh Bapak Drs. Slamet Masduki menyatakan bahwa “kegiatan ziarah kemakam leluhur ini dijadikan sebagai napak tilas perjuangan leluhur sehingga kita bisa mengikuti sebagaimana tauladan yang sudah diberikan oleh leluhur kita, serta mendo’akan para leluhur yang telah mendahului kita”.
Dalam kesempatan lain, dalam sambutan Kepala Desa Pesantren Ibu Sri Rokhmawati menyatakan bahwa yang bersemayam di makam Syeh Maulana Maghribi ini adalah Ulama yang telah berjuang menyebarkan agama islam di daerah Pesantren dan sekitarnya”
Untuk pembacaan sejarah makam Syeh Maulana Maghribi, dibacakan Oleh Ky. SulaimanTajri yang merupakan Pengasuh PonPes Roudhotul Mubtadiin Pesantren, dalam sejarahnya diluruskan tentang makam Ki Mbau Rekso yang sebenarnya tidak dimakamkan di desa Pesantren, melainkan didaerah Batavia karena pada saat itu beliau berjuang melawan penjajah di Batavia. Pelurusan tentang makam ki Mbau Rekso ini didapat dari Habib Luthfi Bin Yahya dari Pekalongan.
Selanjutnya pembacaan Tahlil dipimpin Oleh Ky. Sari Ghozali Tajri (Pengasuh PonPes Roudhotul Mubtadiin Pesantren) yang dilanjutkan Do’a yang dipimpin oleh KH. Abu Sa’ma dari desa Rowosari.